Bahaya Kejahatan di Ruang Digital

9

BANYUASIN, Info31.id – Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital, dalam webinar, Selasa (21/9/2021). Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung.

Terdapat 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain Kecakapan Digital, Keamanan Digital, Etika Digital dan Budaya Digital. Keynote Speaker Bupati Kabupaten Banyuasin, H. Askolani, S.H., M.H dan Presiden RI Jokowi memberikan sambutan dan mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.

Tema besar webinar “Bahaya Kejahatan di Ruang Digital” oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.

Pembahasan tentang komentar yang berujung pada pidana yaitu komentar body shaming, pencemaran nama baik, hoax, menghasut, berkata kasar dan lain-lain. Cara elegan menanggapi komentar negative di media social yaitu membalas komentar dengan bijak dan sopan, membalasnya lewat pesan pribadi, tidak membalas dan mengabaikan komentar, menutup akun komentar di media social, memblokir akun penebar kebencian.

Tips menghindari agar jangan alas komentar di media social yaitu pahami isi konten dengan benar sebelum komentar, tanamkan sikap saling menghargai, selalu berpikir positif, ingat ada rekam jejak digital, bijak menggunakan media social, menurut Roni Utama AP, M.Si sebagai Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kab. Banyuasin.

Transformasi digital yang begitu pesat diindonesia sehingga kita kurang memahami apa itu internet dan bahaya apa saja yang ada didepan kita lewati media digital ini, banyak sekali cyber crime yang ada diindonesia maka dari itu kita penguna digital harus memhami fitur keamaan bagi kita kenapa itu penting karena dengan memahami fitur keamanan berarti juga mengamankan privasi kita.

Keamaaan data kita, menurut Prof. Dr. Hoga Saragih, ST., MT sebagai Ketua Program Studi Informatika Universitas Bakrie. Dengan demikian, kita harus pahami betul apa itu ruang digital dan kita harus menjaga privasi kita dan mengunci semua akses supaya data data pribadi kita tidak tersebar dimedia sosial.