JAKARTA,Info31.id-Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno resmi menutup gelaran tahunan Pameran Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2022.
Pameran Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2022 yang digelar di AEON Mall Tangerang merupakan puncak dari rangkaian kegiatan yang digelar di 16 Kabupaten/Kota sebelumnya.
Setelah melewati 16 kota dan kabupaten selama setahun ini, Sandiaga Uno pun yakin, transaksi UMKM ini mengalami peningkatan transaksi hingga 50 persen dibandingkan dengan transaksi tahun lalu.
“Kalau lihat antusiasnya ya, saya rasa mungkin akan menembus 50 persen dari yang kita targetkan, seperti tahun lalu kan Rp 16 miliar sampai 32 miliar. Tahun ini akan lebih dari itu,” ujar Sandiaga Uno, saat ditemui awak media seusai penutupan AKI 2022 Minggu malam (9/10/2022).
Baca Juga: BSI dan Kemenparekraf Bersinergi Dorong UMKM Sektor Pariwisata Naik Kelas
Sandiaga mengatakan, AKI 2022 semakin mengafirmasi pengalaman AKI 2021, di mana para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) yang tadinya sanksi dengan gelaran itu, justru menuai keuntungan melimpah,
Padahal awalnya, para pelaku UMKM ini sempat pesimis transaksi bisa menembus melebihi target. Sebab, saat mereka berjualan di daerah masing-masing, hanya mengalami transaksi Rp 300 ribu sampai Rp 500 ribu saja sehari.
“Tapi ini di pameran AKI, tadi ada yang bilang hari pertama transaksi sampai Rp 3,5 juta, lalu hari kedua Rp 5 juta, hari ketiga Rp 7 juta. Padahal awalnya dia pesimis, tapi Alhamdulillah ada yang mendapat investor untuk modal usaha, pesanan besar dan harus PO dulu,” tutur Sandiaga Uno.
Baca Juga: Ramah Lingkungan dan Berpotensi Serap Tenaga Kerja, Produk “Plepah” Diapresiasi Kemenparekraf
Sandiaga mengutarakan harapannya agar beragam merek lokal yang tampil di ajang AKI 2022 dapat menjadi legenda dan mampu membuka jutaan lapangan pekerjaan baru.
“Dengan geliat tadi, saya yakin dan optimistis kita bisa melalui tantangan global berupa inflasi dan resesi, serta dapat mengawal kebangkitan Indonesia,” ujar Sandiaga.
Pada kegiatan ini, ada 16 jenis UMKM dari 16 daerah yang telah disaring dan ditampilkan dalam pameran puncak AKI 2022. Pelaku UMKM mengaku senang karena produknya mampu menembus pasar lebih luas. (Mario Akbar)